Analisis Pengaruh Penggunaan Faktor Eksposi Terhadap Kualitas Citra Radiografi Phantom Air Berdasarkan Nilai Mean Square Error (MSE)


Nila Prasetya, Aryani (2021) Analisis Pengaruh Penggunaan Faktor Eksposi Terhadap Kualitas Citra Radiografi Phantom Air Berdasarkan Nilai Mean Square Error (MSE). Unnes Physics Education Journal, 11 (2). pp. 115-119. ISSN 2252-6935

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel)
Download (395kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia kedokteran kualitas citra yang dihasilkan oleh modalitas pencitraan harus semaksimal mungkin dalam memberikan informasi karena berkaitan erat dengan penentuan diagnosa penyakit pada pasien. Baik buruknya kualitaas citra radiografi dipengaruhi oleh faktor eksposi yang terdiri dari tegangan tabung (kV), arus tabung (mA) dan waktu paparan (s), dengan menggunakan faktor eksposi yang tepat maka akan didapatkan kualitas citra yang optimal. Kualitas dari suatu citra radiografi dapat dinilai melalui parameter MSE (Mean Square Error), dimana semakin kecil nilai MSE citra maka semakin bagus kualitas citra tersebut. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi yang tepat dari tegangan tabung (kV) dan arus- waktu tabung (mAs) yang tepat sehingga didapatkan kualitas citra yang optimal dengan noise yang rendah. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah penggunaan tegangan tabung 75 kV dan arus-waktu 20 mAs menghasilkan kualitas citra yang optimal dan noise yang rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Radiografi Phantom Air
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Danang Prasetya perpustakaan
Date Deposited: 13 Apr 2023 08:20
Last Modified: 13 Apr 2023 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57229

Actions (login required)

View Item View Item