Pembelajaran Mandiri Menggunakan Media Special_Schoolsite untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Tunarungu


Adilah Ayoeb, 4101417063 and Sugiman, 0401617007 (2021) Pembelajaran Mandiri Menggunakan Media Special_Schoolsite untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Tunarungu. "BUKU PROSIDING SEMINAR NASIONAL & TEMU ILMIAH TAHUNAN “Pemenuhan Hak Pendidikan yang Bermutu bagi Individu Berkebutuhan Khususmelalui Merdeka Belajar”". pp. 264-272. ISSN EISBN 978-602-397-652-2

[thumbnail of Pembelajaran Mandiri Menggunakan Media Special_Schoolsite untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Tunarungu - Nurjanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat dibutuhkan siswa tunarungu dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunarungu serta mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunarungu sebelum serta sesudah memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite sebagai pembelajaran mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methode yang menggunakan pre-experimental design, sedangkan teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa tunarungu. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunarungu pada materi bangun ruang sisi datar melalui pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite masuk ke dalam kategori baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk dunia pendidikan khusus.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah matematis; pembelajaran mandiri; SPECIAL_SCHOOLsite, tunarungu
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:40
Last Modified: 13 Apr 2023 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57173

Actions (login required)

View Item View Item