Kemampuan Imajinasi Matematis Tunarungu pada Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Alat Peraga Multifunction Video


Sugiman, 0401617007 and Antonius Sandi Kurniawan, 4101417014 (2021) Kemampuan Imajinasi Matematis Tunarungu pada Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Alat Peraga Multifunction Video. "BUKU PROSIDING SEMINAR NASIONAL & TEMU ILMIAH TAHUNAN “Pemenuhan Hak Pendidikan yang Bermutu bagi Individu Berkebutuhan Khususmelalui Merdeka Belajar” ". pp. 357-367.

[thumbnail of Kemampuan Imajinasi Matematis Tunarungu pada Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Alat Peraga Multifunction Video - Khoirun Nida Noor Rofi'ah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan imajinasi matematis dibutuhkan siswa tunarungu. Upaya untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis adalah melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video. Alat peraga multifunction video merupakan alat peraga video pembelajaran yang dilengkapi narasi dan bahasa isyarat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu; (2) mendeskripsikan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan single subject research design. Subjek primer dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas XI SLB Negeri Grobogan. Metode pengumpulan data meliputi pengamatan, tes, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video efektif untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu; 2) Kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video memenuhi ketiga aspek dengan kategori baik. Ditandai terpenuhinya aspek imajinasi matematis: a) Scientific Sensitivity; b) Scientific Creativity; c) Scientific Productivity.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Imajinasi matematis; joyfull learning; alat peraga multifunction video; tunarungu
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:32
Last Modified: 13 Apr 2023 02:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57168

Actions (login required)

View Item View Item