Efektivitas Abacus Pecahan Berbasis Teknologi Asistif untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SLB Tunarungu.


M. Fikri Azmi Alfaqih, 4101417047 and Sugiman, 0401617007 (2021) Efektivitas Abacus Pecahan Berbasis Teknologi Asistif untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SLB Tunarungu. "BUKU PROSIDING SEMINAR NASIONAL & TEMU ILMIAH TAHUNAN “Pemenuhan Hak Pendidikan yang Bermutu bagi Individu Berkebutuhan Khususmelalui Merdeka Belajar”". pp. 320-330. ISSN EISBN 978-602-397-652-2

[thumbnail of Efektivitas Abacus Pecahan Berbasis Teknologi Asistif  untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SLB Tunarungu. - Khoirun Nida Noor Rofi'ah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Berhitung penting dan dibutuhkan oleh semua siswa termasuk siswa tunarungu dalam belajar matematika. Penggunaan abacus pecahan dengan teknologi asistif dalam pembelajaran menjadi penting karena siswa tunarungu mengandalkan penglihatan dan bahasa Isyarat. Teknologi asistif di sini adalah alat bantu berupa video berbahasa Isyarat yang berisi tayangan peragaan abacus pecahan dan animasi power point. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi efektivitas abacus pecahan berbasis teknologi asistif sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa SLB tunarungu dan (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung siswa SLB tunarungu dalam penggunaan abacus pecahan berbasis teknologi asistif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek primer tunggal kelas 7 di SLBN Wiradesa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, tes berhitung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi triangulasi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) abacus pecahan dengan teknologi asistif efektif meningkatkan kemampuan berhitung siswa SLB tunarungu, ditandai dengan data stabil dan peningkatan skor tes pada setiap fase; (2) Kemampuan berhitung dengan kategori baik meliputi: (a) identifikasi masalah; (b) pengetahuan materi; (c) penemuan strategi pemecahan; dan (d) kelengkapan jawaban.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Abacus pecahan; teknologi asistif; kemampuan berhitung; siswa SLB tunarungu
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2023 02:19
Last Modified: 13 Apr 2023 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57159

Actions (login required)

View Item View Item