Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Website Mathnesia Pada Siswa SLB Tunarungu


Bella Fitri Ananda, - and Sugiman, 0401617007 (2023) Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Website Mathnesia Pada Siswa SLB Tunarungu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6. pp. 229-235. ISSN 2613-9189

[thumbnail of Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Website Mathnesia Pada Siswa SLB Tunarungu - Nurjanah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dalam pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia. Metode yang digunakan adalah mixed-method dengan desain sequential explanatory. Populasi yang digunakan yaitu siswa tunarungu kelas XII SLBN Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah kelas XII B-1 dan dipilih 6 subjek. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia efektif ditandai dengan: (1) kemampuan literasi matematis siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan, (2) kemampuan literasi matematis siswa tunarungu mengalami peningkatan setelah penerapan pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia, (3) respon siswa terhadap pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia bernilai positif. Hasil analisis kualitatif diperoleh deskripsi kemampuan literasi matematis sebagai berikut: (1) subjek dengan KLM tinggi sangat baik dalam mencapai semua indikator KLM, (2) Subjek dengan KLM sedang sangat baik dalam mencapai indikator mathematizing, representation, using symbolic, formal, and technical language and operations, dan using mathematics tools; baik dalam mencapai indikator communication, reasoning argument, dan devising strategies for solving problems, (3) subjek dengan KLM rendah sangat baik dalam mencapai indikator mathematizing; baik dalam mencapai indikator communication, representation, devising strategies for solving problems, dan using mathematics tools; cukup baik dalam mencapai indikator reasoning argument dan using mathematics tools.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan literasi matematis, Flipped Classroom, Website, Mathnesia, Tunarungu
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:57
Last Modified: 13 Apr 2023 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57155

Actions (login required)

View Item View Item