Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Website Mathnesia Pada Siswa SLB Tunarungu
Bella Fitri Ananda, - and Sugiman, 0401617007 (2023) Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Website Mathnesia Pada Siswa SLB Tunarungu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6. pp. 229-235. ISSN 2613-9189
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis dalam pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia. Metode yang digunakan adalah mixed-method dengan desain sequential explanatory. Populasi yang digunakan yaitu siswa tunarungu kelas XII SLBN Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah kelas XII B-1 dan dipilih 6 subjek. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia efektif ditandai dengan: (1) kemampuan literasi matematis siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal yang sudah ditetapkan, (2) kemampuan literasi matematis siswa tunarungu mengalami peningkatan setelah penerapan pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia, (3) respon siswa terhadap pembelajaran Flipped Classroom berbantuan website Mathnesia bernilai positif. Hasil analisis kualitatif diperoleh deskripsi kemampuan literasi matematis sebagai berikut: (1) subjek dengan KLM tinggi sangat baik dalam mencapai semua indikator KLM, (2) Subjek dengan KLM sedang sangat baik dalam mencapai indikator mathematizing, representation, using symbolic, formal, and technical language and operations, dan using mathematics tools; baik dalam mencapai indikator communication, reasoning argument, dan devising strategies for solving problems, (3) subjek dengan KLM rendah sangat baik dalam mencapai indikator mathematizing; baik dalam mencapai indikator communication, representation, devising strategies for solving problems, dan using mathematics tools; cukup baik dalam mencapai indikator reasoning argument dan using mathematics tools.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan literasi matematis, Flipped Classroom, Website, Mathnesia, Tunarungu |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 01:57 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57155 |
Actions (login required)
View Item |