Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Interaktif Berbantuan Media Aplikasi Quizizz
Hanif Nur Cahyania, - and Sugiman, 0401617007 (2023) Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Tunarungu dalam Pembelajaran Interaktif Berbantuan Media Aplikasi Quizizz. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6. pp. 217-228. ISSN 2613-9189
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan dengan memahami konsep matematis, siswa dapat memecahkan masalah matematika termasuk siswa tunarungu. Pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu upaya meningkatkan kemampuan pemahaman matematis sesuai dengan karakteristik media pembelajaran bagi siswa tunarungu yang lebih mengoptimalkan visual. Media Quizizz adalah aplikasi yang mendukung kuis interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu. (2) Mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran interaktif dengan bantuan media Quizizz. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan Single Subject Research dengan 5 siswa tunarungu kelas 9 di SLBN Temanggung tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, tes pemahaman matematis, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data meliputi triangulasi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran interaktif berbantuan media Quizizz efektif ditandai dengan hasil tes pemahaman matematis yang meningkat dari baseline ke intervensi, angket respon positif siswa terhadap quizizz memperoleh skor 94,4% masuk kategori sangat baik, dan hasil pengamatan setiap aspek sudah tampak pada fase intervensi; (2) Kemampuan pemahaman matematis siswa tunarungu telah memenuhi kelima aspek indikator dengan kategori baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Interaktif, Quizizz, Kemampuan Pemahaman, Tunarungu |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 01:47 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 01:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57147 |
Actions (login required)
View Item |