Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan Strategi Studi Kasus Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP


Y.N. Arifah, - and Rochmad, - and Sugiman, 0401617007 (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan Strategi Studi Kasus Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 5 (2). pp. 124-130. ISSN 2460-5840

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARANCOREBERBANTUANSTRATEGI STUDI KASUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIRKREATIF SISWA SMP - Tri Mega Utami.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran CORE berbantuan strategi studi kasus terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan karakteristik berpikir kreatif siswa SMP Negeri 3 Temanggung kelas VIII. Metode penelitian adalah mixed methodology model concurrent embedd. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 temanggung tahun ajaran 2014/2015. Proses pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling, dan diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran model CORE berbantuan strategi studi kasus, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran ekspositori. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji banding, uji proporsi, uji perbedaan dua rata-rata, uji gain, dan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran CORE berbantuan strategi studi kasus efektif yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen mencapai ketuntasan, lebih baik daripada kelas kontrol dan meningkat. Karakteristik berpikir kreatif siswa SMP Negeri 3 Temanggung dalam menyelesaikan soal yaitu siswa cenderung (a) berhenti mengerjakan soal ketika siswa mengalami kebuntuan dalam mengerjakan; (b) mengerjakan soal dengan satu cara; (c) mengerjakan soal dengan cara yang sudah diberikan; (d) menjawab dengan rinci ketika mengerjakan soal yang sulit; (e) menjawab dengan langsung ketika soal mudah dikerjakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CORE; Kemampuan Beripikir Kreatif; Studi Kasus
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:05
Last Modified: 12 Apr 2023 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/57107

Actions (login required)

View Item View Item