PBL BERNUANSA ADIWIYATA DENGAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN


Mulyono, - PBL BERNUANSA ADIWIYATA DENGAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN. Unnes Journal of Mathematics Education Research.

[thumbnail of 58 UJMER Vol 4 no 2 November th 2015 hal 84-92 - Seviana Arnanda Sari.pdf] PDF
Download (355kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh keefektifan dan implementasi dari model pembelajaran tersebut serta untuk memperoleh temuan pengetahuan mengenai kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan berdasarkan perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengolahan data secara kuantitatif menggunakan yaitu uji ketuntasan, uji banding dengan two way ANOVA dan uji pengaruh, sedangkan kualitatif dengan triangulasi data dari dokumen, wawancara dan pengamatan pada subjek penelitian pilihan yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan dari kelompok tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Pembelajaran matematika dinyatakan efektif, yaitu: a) KPM (Kemampuan Pemecahan Masalah) mencapai ketuntasan; b) adanya pengaruh positif keterampilan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan terhadap KPM; c) Rata-rata KPM dan karakter peduli lingkungan untuk kelas dengan pembelajaran PBL bernuansa adiwiyata menggunakan blended learning lebih baik dibanding kelas dengan pembelajaran PBL menggunakan blended learning dan kelas dengan pembelajaran PBL. (2) Kemampuan pemecahan masalah dan karakter peduli lingkungan siswa perempuan lebih tinggi dibanding siswa laki-laki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Adiwiyata; PBL; blended learning
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Apr 2023 03:37
Last Modified: 05 Apr 2023 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56901

Actions (login required)

View Item View Item