ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONTINUANCE INTENTION DALAM PENGGUNAAN LAYANAN QR CODE MOBILE PAYMENT MENGGUNAKAN EXTENDED EXPECTATION-CONFIRMATION MODEL (ECM)


Alda Bernika Ifada, 4612418016 (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONTINUANCE INTENTION DALAM PENGGUNAAN LAYANAN QR CODE MOBILE PAYMENT MENGGUNAKAN EXTENDED EXPECTATION-CONFIRMATION MODEL (ECM). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4612418016 - Alda Bernika Ifada.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

QR code mobile payment merupakan salah satu metode pembayaran yang cukup populer di Indonesia dimana pengguna hanya dengan memindai atau menampilkan QR code pada aplikasi m-payment ketika melakukan transaksi. Pengguna dapat melakukan pembayaran dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. Selain manfaat dari QR code pada m-payment, masih ada hambatan terkait niat untuk melanjutkan penggunaannya. Beberapa pengguna berhenti menggunakan layanan QR code pada aplikasi m-payment karena adanya potensi resiko yang terkait. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi continuance intention dalam penggunaan layanan QR code pada aplikasi m�payment. Model penelitian yang digunakan yaitu extended expectation�confirmation model (ECM) dengan menambahkan variabel trust dan perceived risk. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 313 responden yang merupakan pengguna yang pernah menggunakan layanan QR code pada aplikasi m-payment yaitu OVO, GoPay, atau ShopeePay dengan usia minimal 17 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis data dengan pendekatan PLS-SEM yang menggunakan tools SmartPLS versi 3. Hasil pada penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat tiga hipotesis yang ditolak dan sembilan hipotesis diterima. Berdasarkan hipotesis yang diterima, menunjukkan bahwa social influence, trust, dan satisfaction berpengaruh terhadap niat untuk melanjutkan penggunaan layanan QR code m-payment. Social influence merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi niat untuk melanjutkan penggunaan layanan QR code m-payment. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengembang dan penyedia layanan QR code m-payment, seperti OVO, GoPay, dan ShopeePay.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: QR Code, Mobile Payment, Continuance Intention, Expectation�Confirmation Model, PLS-SEM.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:58
Last Modified: 29 Mar 2023 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56811

Actions (login required)

View Item View Item