INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR


Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILLS MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika.

[thumbnail of Maya (2023) - Jurusan Fisika FMIPA UNNES.pdf] PDF
Download (176kB)
[thumbnail of Turnitin] PDF (Turnitin)
Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills, HOTS) siswa SMA di Indonesia dan juga jarangnya ketersediaan instrumen tes HOTS yang dapat digunakan oleh guru dalam melatihkan ke siswa sehingga menyelesaikan soal bertipe HOTS akan menjadi kebiasaan bagi siswa. Penelitian research and development (R&D) ini dilakukan untuk mendapatkan instrumen tes HOTS materi kesetimbangan benda tegar yang valid dan reliabel. Hasil pengujian konten oleh ahli dan responden didapatkan instrumen tes dengan jumlah soal pilihan ganda 23 soal yang memiliki validitas dan relibilitas yang sangat baik, dengan distribusi tingkat kesukaran soal yang normal dan distribusi soal aspke C4, C5 dan C6 masing- masing 47,8%, 30,4% dan 21,7%. Dari hasil uji skala kecil dan uji skala besar diperoleh rerata kemampuan responden untuk menjawab benar instrumen tes yang dikembangkan ini berturut-turut 64,2% dan 63,5%. Dengan demikian, instrumen tes HOTS materi kesetimbangan benda tegar ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: higher order thinking skills, instrumen tes, kesetimbangan benda tegar.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:29
Last Modified: 27 Mar 2023 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56642

Actions (login required)

View Item View Item