KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA SMP DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO


Risda Azizatul Marifah, 4101418227 (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA SMP DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN EDMODO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101418227 - Risda Azizatul Marifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir komputasi merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa dalam menghadapi perkembangan ICT di abad ke-21. Kemampuan berpikir komputasi perlu dilatih untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan di dunia nyata dengan berpikir kreatif, efektif, dan logis. Maka diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang mampu melatih kemampuan berpikir komputasi siswa, yaitu pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Edmodo terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa dan mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi siswa ditinjau dari self-efficacy. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan model Sequential Explanatory Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Banjarbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Edmodo efektif terhadap kemampuan berpikir komputasi siswa. Dalam aspek berpikir komputasi, siswa dengan self-efficacy tinggi memiliki keyakinan dan kepercayaan diri tinggi, serta mampu memenuhi empat indikator berpikir komputasi, yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir secara logaritmik. Siswa dengan self-efficacy sedang memiliki keraguan dan kurang rasa percaya diri ketika dihadapkan dengan suatu masalah, serta siswa hanya mampu memenuhi tiga indikator berpikir komputasi. Sedangkan siswa self-efficacy rendah memiliki keraguan, kurang rasa percaya diri, dan kurang yakin dalam menghadapi tantangan atau tugas yang diberikan, serta siswa hanya mampu memenuhi dua indikator berpikir komputasi. Siswa dengan self-efficacy rendah cenderung kurang percaya diri, ragu-ragu, dan mudah menyerah ketika dihadapkan dengan masalah matematika yang sulit sehingga diharapkan guru dapat memberikan perhatian dan bimbingan lebih kepada siswa supaya siswa termotivasi serta lebih percaya diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Komputasi, Self-Efficacy, Problem Based Learning, Edmodo.
Subjects: L Education > Special Education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:39
Last Modified: 02 Feb 2023 07:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55875

Actions (login required)

View Item View Item