PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PBL YANG EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
Nadia Rizki Ardelia, 4101418206 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS PBL YANG EFEKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran matematika di sekolah selama ini masih menggunakan buku siswa yang memuat materi untuk menjawab persoalan yang disediakan. Dalam buku tersebut masih terdapat sedikit persoalan atau masalah-masalah kontekstual yang mampu mengaitkan siswa dengan aspek dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa menjadi kurang berpengalaman dalam menyelesaikan suatu permasalahan kontekstual yang tentunya juga berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bangun ruang sisi datar berbasis Problem-Based Learning (PBL) yang efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) Define); 2) Design); 3) Develop; dan 4) Disseminate. Angket dan tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data, dan analisis data menggunakan analisis deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapat bahwa bahan ajar bangun ruang sisi datar berbasis PBL telah memenuhi kesesuaian karakteristik. Uji kelayakan bahan ajar yang terdiri dari 3 aspek kelayakan mendapatkan persentase rata-rata pada aspek kelayakan isi sebesar 94,2%, aspek kelayakan penyajian sebesar 93,88% dan aspek kelayakan kebahasaan sebesar 86,42%, dimana ketiga aspek termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji keterbacaan bahan ajar mendapat persentase sebesar 92% sehingga kriteria bahan ajar mudah dipahami siswa. Hasil keefektifan bahan ajar terdiri dari dua kriteria yaitu rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 75 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai ketuntasan. Telah dicapai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis lebih dari KKM sebesar 79,81 dan untuk persentase ketuntasan klasikal didapat 81,85% dari syarat ketuntasan klasikal yaitu 85%. Dari kedua kriteria tersebut disimpulkan bahwa bahan ajar belum efektif karena ketuntasan klasikal belum tercapai. Dengan demikian bahan ajar bangun ruang sisi datar berbasis PBL telah memenuhi kesesuaian karakteristik, kelayakan, dan keterbacaan, tetapi belum efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Problem-Based Learning |
Subjects: | L Education > Special Education L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 02:47 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 07:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55869 |
Actions (login required)
View Item |