Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru


Dwi Heni Septiani, - and Widiyanto, FE Pendidikan Ekonomi (2021) Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 10 (1). pp. 130-144. ISSN 2252-6544

[thumbnail of Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan.pdf] PDF - Published Version
Download (254kB)
[thumbnail of Perjanjian Penelitian Terapan Dana DIPA Unnes 2021.pdf] PDF - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Perjanjian Penelitian Terapan Dana DIPA Unnes 2022.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Kronologis Korespondensi Sebagai Reviewer pada Jurnal Business Theory and Practice.pdf] PDF - Published Version
Download (770kB)
[thumbnail of KRONOLOGIS KORESPONDENSI SEBAGAI REVIEWER PADA JURNAL INTERNASIONAL BEREPUTASI IJMMS.pdf] PDF - Published Version
Download (350kB)
[thumbnail of KRONOLOGIS KORESPONDENSI SEBAGAI REVIEWER PADA JURNAL KSS.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL), lingkungan kelu�arga, dan kesejahteraan guru terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi Uni�versitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 175 responden yang dihitung dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah population random sampling. Pendekatan peneliitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan praktik pengalaman lapangan (PPL), lingkungan keluarga, dan kesejahteraan guru terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Secara parsial praktik pengala�man lapangan (PPL) terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Lingkungan keluarga terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Kesejahteraan guru ter�dapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru. Saran yang diberikan untuk pihak universitas untuk memberikan kegiatan-kegiatan tambahan praktik mengajar di sekolah selain PPL. Karena waktu pelaksanaan PPL 45 hari masih kurang untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa menjadi guru setelah lulus nanti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Guru Dan Kesiapan Menjadi Guru; Lingkungan Keluarga; Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: L Education > Educational Institutions > school management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:35
Last Modified: 25 Jan 2023 00:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/55405

Actions (login required)

View Item View Item