(ABSTRAK) PENERAPAN PEMBELAJARAN SEMI INDIVIDUAL UNTUK MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI KELAS VIII B SMP 37 SEMARANG


Hegin Danantyo , 4401405086 (2010) (ABSTRAK) PENERAPAN PEMBELAJARAN SEMI INDIVIDUAL UNTUK MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI KELAS VIII B SMP 37 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENERAPAN PEMBELAJARAN SEMI INDIVIDUAL UNTUK MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI KELAS VIII B SMP 37 SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENERAPAN PEMBELAJARAN SEMI INDIVIDUAL UNTUK MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI KELAS VIII B SMP 37 SEMARANG) - Published Version
Download (70kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMP 37 Semarang, diperoleh data hasil belajar siswa pada materi semester gasal tahun ajaran 2008/2009 kurang dari nilai KKM (6,2). Hal ini dikarenakan siswa kurang aktif selama pembelajaran yaitu siswa di kelas VIII B lebih banyak mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru. Tercatat siswa yang aktif dalam pembelajaran hanya beberapa nama yang sama. Sehingga terjadi kesenjangan yang cukup tinggi dan heterogenitas terlihat jelas, hal ini terbukti dari data awal yang berupa nilai UHT rentang nilai antara 95-28. Pembelajaran Semi Individual dapat mengatasi heterogenitas kemampuan siswa yang tinggi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research), yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksananaan pembelajaran dilakukan dengan cara mengajarkan fakta dan konsep secara klasikal, kemudian mengaplikasikan prinsip dan skill secara kelompok menggunakan media Lembar Kerja, dan membagi kelas dalam tiga kelompok: kelompok pandai, sedang dan kurang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata prosentase akhir aktivitas siswa dalam tiap siklus adalah adalah sebesar 67 %, 85 % dengan kriteria “rendah dan sangat tinggi.” Ketuntasan klasikal untuk pada siklus pertama 55 % dengan nilai rata-rata keaktifan 6 dan pada siklus kedua 95 % dengan nilai rata-rata keaktifan 7,2. iii Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah pembelajaran semi individual dapat diterapkan pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia di Kelas VIII B SMP 37 Semarang dengan meningkatnya hasil belajar dan keaktifan siswa selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Semi Individual, Sistem Pencernaan Makanan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2011 07:59
Last Modified: 19 Oct 2011 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5520

Actions (login required)

View Item View Item