ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN SAWOJAJAR 1 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES


Nur Asidah, 1401418017 (2022) ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SDN SAWOJAJAR 1 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418017 - Nur Asidah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penilaian Autentik merupakan penilaian digunakan pada Kurikulum 2013. SDN Sawojajar 1 menggunakan Kurikulum 2013 sejak berlakukanya Kurikulum 2013. Pelaksanaan penilaian autentik di SD Negeri Sawojajar 1 menilai tiga kompetensi yaitu kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan dan menganalis pelaksanaan penilaian autentik 2) Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian autentik. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini fokus pada pelaksanaan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Narasumber dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah dan Guru. Menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman dengan tahapan 1) Pengumpulan data (Data Collection), 2) Reduksi data, 3) Penyajian Data 4) Penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kredibilitas, uji trans keteralihan, uji ketergantungan, uji objektivitas dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Guru melaksanakan penilaian autentik yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan 2) Pelaksanaan penilaian kompetensi sikap menggunakan teknik observasi, penialaian antar teman dan jurnal. Penilaian diri tidak dilaksanakan, 3) Pelaksanaan penilaian kompetensi pengetahuan menggunakan teknik tes tulis, tes lisan dan penugasan 4) Pelaksanaan penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik unjuk kerja, produk, dan portofolio. Penilaian proyek tidak dilaksanakan 5) Faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik yaitu adanya buku panduan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar tahun 2016, fasilitas sekolah yang memadai, peserta didik yang dapat mengikuti proses penilaian, peran kepala sekolah dan kerja sama antar guru. Faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik yaitu keterbatasan waktu, kurangnya sosialisasi, dan kurangnya pengetahuan orang tua peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan penilaian autentik sudah terlaksana dengan baik. Ketiga kompetensi sudah dinilai dengan menggunakan berbagai teknik sesuai kompetensi. Saran dalam penelitian ini guru hendaknya melakukan perencanaan lebih baik terutama penyusunan instrumen penilaian

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Penilaian Autentik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:19
Last Modified: 11 Jan 2023 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54946

Actions (login required)

View Item View Item