PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PETUALANGAN DIGITAL PADA LAYANAN BIMBINGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 41 SEMARANG


Bagas Rizky Kurniawan, 1102415095 (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PETUALANGAN DIGITAL PADA LAYANAN BIMBINGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102415095 - Bagas Rizky Kurniawan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 41 Semarang tentang pengembangan game edukasi Petualangan Digital pada materi pengenalan perangkat keras komputer yang dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah pada layanan Bimbingan Tekologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan game edukasi Petualangan Digital, mengetahui kelayakan game edukasi Petualangan digital sebagai media pembelajaran pada layanan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan tanggapan siswa terhadap penggunaan game edukasi Petualangan Digital dalam layanan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan materi pengenalan perangkat keras komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Research and Development. Model yang digunakan dalam pengembangan media adalah model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria kelayakan, tahap selanjutnya yaitu melakukan uji coba kepada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 41 Semarang dengan melibatkan 17 siswa. Data diperoleh dengan cara mengumpulkan angket, kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi Petualangan digital mendapat skor keseluruhan 90% dari ahli media, 95% dari ahli materi, dan 89% dari hasil uji coba siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran game edukasi Petualangan Digital pada layanan Bimbingan Teknologi Infomasi dan Komunikasi untuk kelas VII SMP ini layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Peneliti berharap agar selanjutnya guru menggunakan media yang menarik agar proses pembelajaran lebih menarik sehingga suasana pembelajaran di dalam kelas lebih menyenangkan dan siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Game Edukasi, Layanan BTIK, Pengembangan, Role Playing Game
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:30
Last Modified: 03 Jan 2023 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54555

Actions (login required)

View Item View Item