KENDALA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MRANGGEN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS CHAMILO PADA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS


Ayuning Tyas, 2301415028 (2021) KENDALA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 MRANGGEN DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS CHAMILO PADA MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2301415028 - Ayuning Tyas.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Di lingkungan sekolah untuk mencegah penyebaran dan penularan virus Covid-19, selama masa pandemi kegiatan belajar dan mengajar tatap muka diubah menjadi pembelajaran jarak jauh yang sangat berbeda dengan pembelajaran secara langsung sehingga siswa kemungkinan mengalami kendala. Chamiloadalah sebuah sistem manajemen pembelajaran yang hanya digunakan di SMA Negeri 2 Mranggen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami siswa dalam pembelajaran jarak jauh mata pelajaran bahasa Prancis berbasis Chamilo di SMAN 2 Mranggen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel pada penelitian ini adalah kendala siswa kelas X SMA Negeri 2 Mranggen dalam pembelajaran jarak jauh berbasis Chamilo pada mata pelajaran Bahasa Prancis. Responden pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 2 Mranggen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala siswa kelas X SMA Negeri 2 Mranggen dalam pembelajaran jarak jauh berbasis Chamilo pada mata pelajaran Bahasa Prancismeliputifaktor internal dan eksternal.Faktor internal berupa motivasi belajar dengan persentase 40,96%, persepsi tentang pembelajaran jarak jauh dengan persentase sebesar 24,32%, dan minat belajar dengan persentase 19,57%, sedangkan faktor eksternal berupa sarana dan prasarana dengan persentase sebesar 15,15%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chamilo, kendala, pembelajaran jarak jauh
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Dec 2022 02:13
Last Modified: 29 Dec 2022 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54399

Actions (login required)

View Item View Item