Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence
Nuriana Rachmani, - (2019) Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. Seminar Matenmatika Nasional Universitas Negeri Semarang 2018 PRISMA, 2. pp. 704-709. ISSN 2613-9189
PDF
Download (397kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika tidak hanya membentuk siswa menjadi paham dengan materi-materi matematika saja, akan tetapi kemampuan lain yang dimiliki siswa ditumbuhkan dalam pembelajaran matematika seperti kemampuan berpikir matematis. Salah satu jenis kemampuan berpikir matematis yaitu kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu bagian penting dalam matematika, karena merupakan alat bantu dalam transmisi pengetahuan matematika atau sebagai pondasi dalam membangun pengetahuan matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahui seperti konsep, rumus, dan strategi penyelesaian masalah. Selain itu, self-confidence juga merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, karena seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan yakin dengan kemampuannya untuk menyelesaikan suatu masalah. Memiliki self-confidence yang kuat akan membantu memotivasi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan dan prestasinya dalam matematika. Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence dapat dikembangkan secara bersamaan dalam proses pembelajaran, caranya dengan membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah dengan mengikuti tahapan-tahapan dalam menyelesaikan masalah, mulai dari menuliskan masalah, mengubah masalah dalam bentuk notasi matematika, hingga menyelesaikan masalah tersebut dan mempresentasikan hasil pemikirannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Confidence |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 04:26 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 04:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53982 |
Actions (login required)
View Item |