Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Nuriana Rachmani Dewi, - (2022) Kajian Teori: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Articulate Storyline 3 pada Model Preprospec Berbantuan TIK untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Seminar Matenmatika Nasional Universitas Negeri Semarang 2018 PRISMA, 5. pp. 304-310. ISSN 2613-9189
PDF
Download (263kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang sangat diperlukan oleh siswa untuk dapat memecahkan masalah yang lebih kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil studi yang dilakukan oleh Programme for International Student Assesment (PISA) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa indonesia masih rendah. Oleh karena itu diperlukan solusi dan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengembangan media pembelajaran interaktif pada model pembelajaran preprospec berbantuan TIK dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Pengembangan media interaktif dilakukan dengan bantuan articulate storyline 3. Articuate storyline 3 merupakan software serupa powerpoint dan flash yang dapat digunakan untuk memproduksi media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran interaktif ini akan berfokus pada pokok bahasan fungsi komposisi dan invers fungsi. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kepustakaan. sumber-sumber dari penelitian ini berupa artikel jurnal, buku, dan dokumen-dokumen lain yang saling berkaitan. Hasil studi menunjukkan dengan adanya pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan articulate storyline 3 pada model pembelajaran preprospec berbantuan TIK dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian selanjutnya yang menarik untuk dikembangkan menjadi riset adalah bagaimana proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan articulate storyline 3 pada model pembelajaran preprospec berbantuan TIK untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Preprospec Berbantuan TIK |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 06:38 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 06:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53714 |
Actions (login required)
View Item |