IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MEDIA FOTONOVELA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD/MI


Sulhadi, - (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINS DENGAN MEDIA FOTONOVELA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD/MI. Journal of Primary Education, 5 (1). pp. 1-9. ISSN 2502-4515

[thumbnail of Salinan 2016_JPE_Alina dkk - sulhadi pati.pdf] PDF
Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran sains dengan media fotonovela untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Subjek penelitian berjumlah 24 peserta didik.Metode penelitian menggunakan Mixed Methods desain sequential explanatory. Tahap pertama metode kuantitatif,One-group Pretest-posttest design untuk memperoleh data keefektifan media fotonovela, motivasi belajar, dan pemahaman konsep. Tahap kedua metode kualitatif untuk memperdalam data kuantitatif. Data motivasi belajar dan pemahaman konsep dikumpulkan dengan kuesioner dan pretest-posttest. Uji validitas kuesioner dan tes dianalisis menggunakan validitas isi yang dikonsultasikan dengan ahli. Uji reliabilitas kuesioner dan tes dilakukan dengan menggunakan Alpha Cronbach dan KR-20. Uji hipotesis menggunakan one sample t-test dan uji gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatanmotivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Hasil uji hipotesis keefektifan media fotonovela diperoleh = 0.9105. Hasil uji gain motivasi belajar diperoleh = 0.05. Hasil uji gain pemahaman konsep diperoleh = 0.3. Hasil ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran sains dengan media fotonovela efektif dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media fotonovela; learning motivation;concept understanding
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:07
Last Modified: 28 Nov 2022 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53561

Actions (login required)

View Item View Item