PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROSES DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENGUKUR SOFTSKILLS


Endang Susilaningsih, - (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PROSES DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENGUKUR SOFTSKILLS. Journal of innovative science education, 5 (2). pp. 94-100. ISSN 2252-6412

[thumbnail of document (4).pdf] PDF
Download (729kB)

Abstract

Hasil field studymenunjukkan bahwa soft skillssiswa rendah, maka diperlukan instrumen penilaian yang dapat menumbuhkan soft skillssiswa yang terintegrasi dalam pembelajaran kimia berpendekatan kontekstual sebagai bekal di dunia industri setelah lulus. Penelitianinimerupakanjenispenelitian R & D yang menggunakan metode pre eksperimentaldengan one group pretest-posttest designyang bertujuanuntukmengembangkan instrumen penilaian proses berbasis authentic assessmentdengan pendekatan kontekstual yang valid, reliabel,efektif, dapat mengukur soft skills, dan dapat meningkatkan hasil belajar serta mendapatkan respon positif dari siswa dan guru. Data dikumpulkandenganmetodetesdan non tes. Hasil validasi instrumen penilaian proses mencapai hasil yang valid dan reliabel. Instrumen penilaian proses yang dikembangkan dikatakan efektif untuk mengukur soft skillskarena 20 dari 32 siswa yang mendapatkan skor sangat baik, rerata hasil belajar sikap 84,17, rerata hasil belajar keterampilan 96; 83,76; 78,57 dan rerata hasil belajar pengetahuan sebesar 81,94 atau 87,50% (28 dari 32 siswa) mencapai KKM, serta adanyapeningkatan yang signifikandaripretestkeposttestdengan rerata N-gain sebesar 0,78 (kriteria tinggi). Siswa memberikan respon positif terhadap instrumen penilaianproses, usabilitas dan kebermaknaan instrumen penilaian proses.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: assessment process; contextual approach; soft skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Nov 2022 03:49
Last Modified: 25 Nov 2022 03:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53514

Actions (login required)

View Item View Item