PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI
Endang Susilaningsih, - (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERCAPAIAN KOMPETENSI. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (1). pp. 1884-1892. ISSN 1979-0503
PDF
Download (50kB) |
Abstract
Scientific Approach atau pendekatan ilmiah merupakan pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu. Pendekatan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk memperbaiki pemahaman siswa pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketercapaian kompetensi reaksi redoks siswa kelas X. Penelitian ini dilakukan di suatu SMA di Ungaran. Desain yang digunakan dalam penelitian ini pretest-posttest desain. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar, lembar penilaian kognitif, lembar penilaian psikomotorik, lembar penilaian afektif dan angket respon siswa. Mula-mula pretest pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 25,40 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 26,11. Rata-rata kedua kelas belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah diterapkan pembelajaran berbasis Scientific Approach dengan Mind Mapping, hasil posttest kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,5 dengan proporsi ketuntasan 0,88 sedangkan pada kelas kontrol tanpa Scientific Approach memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 74,70 dengan proporsi ketuntasan 0,85. Nilai ketuntasan kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 52,1 sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 48,59. Simpulan yang diperoleh yaitu model pembelajaran berbasis Scientific Approach dengan Mind Mapping dapat meningkatkan ketercapaian redoks siswa kelas X.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mind mapping, reaksi redoks, scientific approach |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Nov 2022 03:21 |
Last Modified: | 25 Nov 2022 03:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53511 |
Actions (login required)
View Item |