PENGARUH PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS


Endang Susilaningsih, - (2017) PENGARUH PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS. Chemistry in Education, 6 (1). pp. 33-39. ISSN 2252-6609

[thumbnail of 14282-Article Text-28952-1-10-20170509.pdf] PDF
Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing yang berbantuan lembar kerja praktikum (LKP) terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Populasi terdiri atas enam kelas XI MIPA SMA N 1 Jepara. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah experimental design. Data penelitian diambil dengan instrumen non tes berupa lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana, penentuan koefisien determinasi, dan analisis deskriptif keterampilan proses sains dan tanggapan siswa. Hasil analisis regresi linier sederhana menghasilkan koefisien 1 bernilai positif yang berarti terdapat korelasi positif atau searah. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan kontribusi LKP, praktikum, dan presentasi masing-masing sebesar 61,31%; 55,08%; dan 53,77% pada keterampilan proses sains. Hasil observasi menunjukkan bahwa proporsi siswa kelas eksperimen yang mencapai kategori sangat baik dan baik yaitu 1,00 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,68. Analisis tanggapan siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing yang berbantuan lembar kerja praktikum berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa SMA N 1 Jepara pada materi larutan penyangga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing keterampilan proses sains praktikum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 24 Nov 2022 06:29
Last Modified: 24 Nov 2022 06:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53466

Actions (login required)

View Item View Item