FLIPPED CLASSROOM PADA WHATSAPP DAN COLOUR NOTE MENULIS CERITA FANTASI MASA PANDEMI
Subyantoro, - (2022) FLIPPED CLASSROOM PADA WHATSAPP DAN COLOUR NOTE MENULIS CERITA FANTASI MASA PANDEMI. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6 (1). pp. 28-37. ISSN 2541-0202
PDF
Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa SMP kelas 7 menulis teks cerita fantasi di masa pandemi covid-19 viawhatsapp dan colour note menggunakan model pembelajaran FlippedClassroom.Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas secara daring dengan media pembelajaran whatsApp dan colour note. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan nontes yang terdiri dari observasi keaktifan siswa dan wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes sebesar 22%, dari 76,4 pada siklus 1 menjadi 88,43 pada siklus 2. Selain itu,proses pembelajaran dan perilaku siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan percaya diri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FlippedClassroom, Whatsapp dan Colour Note, Masa Pandemi Covid-19, Menulis Teks Cerita Fantasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 22 Nov 2022 04:05 |
Last Modified: | 22 Nov 2022 04:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53301 |
Actions (login required)
View Item |