Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK Ditinjau dari Perpektif Gender


Nuriana Rachmani Dewi, FMIPA Pendidikan Matematika and Alfiyatus Sholechah, - (2022) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK Ditinjau dari Perpektif Gender. In: Konservasi Pendidikan Jilid 1. LP2M Universitas Negeri Semarang, Semarang, pp. 104-128.

[thumbnail of Konservasi Pendidikan Jilid 1.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Kemampuan dalam pemecahan masalah secara matematis adalah tujuan utama disiplin ilmu matematika, bahkan menjadi jantungnya matematika. Beberapa temuan penelitian menunjukkan bahwa perspektif gender berpengaruh tidak hanya pada perbedaan pada pemahaman dalam menyelesaikan msalah matematis pada mahasiswa, namun juga sangat mempengaruhi proses penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seacara empiris perspektif gender yang dikaitkan dengan pemecahan masalah secara matematis dengan model pembelajaran preprospec dengan bantuan teknologi dan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah mahasiswa program studi matematika di Jawa Tengah dengan sampel mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah kalkulus integral yang dipilih secara random. Instrument yang digunakan adalah uji kemampuan menyelesaikan masalah matematis dan lembar observasi. Kemudian, data diolah dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman dalam memecahkan masalah tidak bisa dilihat dari perspektif gender.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Preprospec, TIK, Gender
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:31
Last Modified: 15 Nov 2022 01:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52996

Actions (login required)

View Item View Item