Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Dan Self-Efficacy Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning Berbantuan Web


Nuriana Rachmani Dewi, FMIPA Pendidikan Matematika (2020) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Dan Self-Efficacy Mahasiswa Melalui Brain-Based Learning Berbantuan Web. In: Model Pembelajaran Inovatif Dalam Pengembangan Hard Skill Dan Soft Skill Matematis. -, Semarang, pp. 1-41. ISBN 978-623-92849-6-1

[thumbnail of Model Pembelajaran Inovatif dalam Pengembangan Hard Skill dan Soft Skill Matematis.pdf] PDF - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dan self-efficacy penting bagi perkembangan pengetahuan mahasiswa. Namun kemampuan mahasiswa dalam hal itu masih tergolong rendah, sehingga perlu dikembangkan. Brain-Based Learning Berbantuan Web adalah salah satu pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dan self-efficacy mahasiswa. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis secara komprehensif pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi dan self-efficacy mahasiswa sebagai akibat dari penerapan Brain-Based Learning Berbantuan Web dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed method) dengan model penggabungan KUANTITATIF dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan concurrent embedded design sebagai desain penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Matematika salah satu perguruan tinggi di Semarang Jawa Tengah, sedangkan sampelnya adalah para mahasiswa yang sedang menempuh Mata Kuliah Kalkulus Integral, baik yang berasal dari Program Studi Matematika maupun Program Studi Pendidikan Matematika. Sampel diambil dari masing-masing program studi secara acak sehingga didapatkan dua kelompok, satu kelompok eksperimen yang mendapatkan Brain-Based Learning Berbantuan Web dan satu kelompok yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen, yaitu Tes Kemampuan Awal Matematis, Tes Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi, Skala Self-Efficacy Lembar Observasi, dan Pedoman Wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji-

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Brain-Based Learning Berbantuan Web, Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi, Self-Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Nov 2022 01:12
Last Modified: 16 Apr 2023 21:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52992

Actions (login required)

View Item View Item