IMPLEMENTASI METODE ELIMINASI GAUSS-JORDAN DAN DEKOMPOSISI CROUT DALAM MEMPREDIKSI VOLUME LALU LINTAS DI JALAN PEMUDA KOTA SEMARANG


Eva Lailatul Munawaroh, 4111417032 (2021) IMPLEMENTASI METODE ELIMINASI GAUSS-JORDAN DAN DEKOMPOSISI CROUT DALAM MEMPREDIKSI VOLUME LALU LINTAS DI JALAN PEMUDA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111417032 - Eva Lailatul Munawaroh v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Volume lalu lintas didefinisikan sebagai jumlah kendaraan yang lewat pada suatu titik di ruas jalan per satuan waktu tertentu. Tujuan pokok penelitian ini adalah memprediksi volume lalu lintas di Jalan Pemuda Kota Semarang dengan menggunakan metode eliminasi Gauss-Jordan dan dekomposisi Crout serta menentukan alternatif solusi apabila terjadi kemacetan di Jalan Pemuda Kota Semarang. Metode eliminasi Gauss-Jordan dan dekomposisi Crout merupakan suatu metode matriks dengan menggunakan prinsip sistem persamaan linear. Pengambilan data dilakukan dengan traffic counting pada setiap persimpangan jalan di sepanjang Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol (satu arah), dan Jalan Kapten Pierre Tendean (satu arah) Kota Semarang. Selanjutnya dibentuk model sistem persamaan linear berdasarkan data yang telah diperoleh. Sistem persamaan linear yang telah terbentuk akan diolah dengan metode eliminasi Gauss-Jordan dan dekomposisi Crout untuk menentukan banyaknya kendaraan yang melintas berupa solusi dari sistem persamaan linear tersebut. Penelitian ini memberikan simpulan bahwa volume lalu lintas yang diperoleh menggunakan metode eliminasi Gauss-Jordan dan dekomposisi Crout pada setiap titik lintasan di sepanjang Jalan Pemuda Kota Semarang dari pagi hari menuju siang dan sore hari secara keseluruhan mengalami peningkatan. Sehingga diperlukan alternatif untuk mengurangi faktor hambatan samping dan upaya untuk meningkatkan kapasitas Jalan Pemuda Kota Semarang. Dari kedua metode tersebut menunjukkan bahwa metode eliminasi Gauss-Jordan lebih efisien dibandingkan dengan metode dekomposisi Crout. Perbandingan kedua metode tersebut dapat dilihat dari banyaknya langkah penyelesaian, banyaknya operasi aritmatika, dan ketepatan memperoleh solusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: volume lalu lintas, eliminasi Gauss-Jordan, dekomposisi Crout.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:31
Last Modified: 10 Nov 2022 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52891

Actions (login required)

View Item View Item