IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY METODE MAMDANI PADA PREDIKSI BIAYA PEMAKAIAN LISTRIK (Studi Kasus : Kelurahan Gandasari, Kota Tangerang)


Ema Julpia Aenun, 4111417014 (2021) IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY METODE MAMDANI PADA PREDIKSI BIAYA PEMAKAIAN LISTRIK (Studi Kasus : Kelurahan Gandasari, Kota Tangerang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111417014 - Ema Julpia Aenun v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat berbagai kegiatan dan peralatan semakin modern yang mana hanya dapat berjalan dengan adanya listrik. Semakin tingginya penggunaan listrik tentunya akan berdampak pada biaya pemakaian listrik. Biaya pemakaian listrik merupakan permasalahan yang mengandung ketidakpastian. Logika fuzzy adalah salah satu sistem pendukung keputusan yang dapat diimplementasikan untuk permasalahan ketidakpastian. Tujuan penelitian ini ialah mengimplementasi logika fuzzy metode Mamdani pada prediksi biaya pemakaian listrik dan memperoleh hasil akurasi dari implementasi logika fuzzy tersebut. Adapun variabel input yang digunakan yaitu luas rumah, perlengkapan elektronik yang digunakan, daya listrik, dan pendapatan ekonomi. Serta, variabel output yang digunakan adalah biaya pemakaian listrik. Metode Mamdani disebut juga metode Min-Max yang mana memerlukan 4 tahapan untuk memperoleh output. Penelitian ini akan dilakukan dengan bantuan software Matlab karena terdapat berbagai tools untuk metode Mamdani. Berdasarkan hasil implementasi logika fuzzy metode Mamdani pada prediksi biaya pemakaian listrik diperoleh nilai MAPE sebesar 19,60% yang berarti memiliki nilai kebenaran sebesar 80,40%. Hal ini menunjukkan bahwa logika fuzzy metode Mamdani baik digunakan untuk memprediksi biaya pemakaian listrik di Kelurahan Gandasari, Kota Tangerang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: listrik, logika fuzzy, metode Mamdani, Matlab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:00
Last Modified: 10 Nov 2022 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52885

Actions (login required)

View Item View Item