PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI BENTUK ALJABAR BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII
Faniar Aulia Nisa, 4101417163 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI BENTUK ALJABAR BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan karakteristik, kelayakan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan tahapan penelitian menurut Robert Maribe Branch (2009). karakteristik dari perangkat pembelajaran, Kelayakan perangkat pembelajaran dilaksanakan dengan lembar validasi yang diisi oleh para validator, dan pretest�posttest untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Karakteristik perangkat pembelajaran materi bentuk aljabar berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat dari keterkaitan STEAM yang dimunculkan dalam kegiatan pembelajaran berupa stimulus permasalahan yang disajikan pada perangkat pembelajaran. Berikut karakteristik pada perangkat pembelajaran berbasis STEAM berdasarkan tiap aspeknya: (1) Aspek sains pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan berisi berbagai langkah kegiatan mengindentifikasi masalah secara ilmiah; (2) Aspek teknologi pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa penggunaan aplikasi teknologi penunjang seperti google classroom, whatsapp,serta alat VII penunjang berupa LCD dan proyektor yang digunakan dalam aktivitas pembelajaran dan kegiatan pemecahan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran; (3) Aspek teknik dalam perangkat pembelajaran yaitu berupa kegiatan pengoperasian aplikasi google classroom dan whatsapp yang berkaitan dengan pembelajaran; (4) Aspek seni dalam perangkat pembelajaran berupa kegiatan membuat karya berupa catatan yang dilihat dari aspek kerapian dan keindahan pada aktivitas pembelajaran; (5) Aspek Matematika dalam perangkat pembelajaran berupa kegiatan matematis yang berkaitan dengan notasi angka dan perhitungan. Kelayakan perangkat pembelajaran materi bentuk aljabar berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif memenuhi kriteria layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam pembelajaran matematika setelah diujikan pada 5 validator dengan memperhatikan aspek penyajian dan materi untuk digunakan pada tingkat SMP kelas VII. Hasil uji keefektifan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa: rata-rata nilai uji kemampuan berpikir kreatif peserta didik melampaui KKM (> 70); proporsi ketuntasan nilai uji kemampuan berpikir kreatif peserta didik melampaui 75%; serta terjadi peningkatan pada setiap indikator kemampuan berpikir kreatif peserta didik dari hasil uji N-Gain didapatkan: (1) kemampuan menggunakan alternatif penyelesaian masalah yang relevan mendapat hasil sebesar 0,45 termasuk dalam kategori sedang; (2) kemampuan memberikan alternatif penyelesaian dengan cara yang berbeda dan benar mendapat hasil sebesar 0,36 termasuk dalam kategori sedang; (3) kemampuan memberikan solusi yang tidak umum digunakan mendapat hasil sebesar 0,34 termasuk dalam kategori sedang; dan (4) kemampuan menguraikan secara runtut langkah penyelesaian masalah mendapat hasil sebesar 0,41 termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, STEAM, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 06:07 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 06:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52826 |
Actions (login required)
View Item |