EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PECAHAN BERBASIS VIDEO TEKNOLOGI ASISTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA BAGI SISWA TUNARUNGU


M. Fikri Azmi Alfaqih, 4101417047 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PECAHAN BERBASIS VIDEO TEKNOLOGI ASISTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA BAGI SISWA TUNARUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417047 - M. Fikri Azmi Alfaqih v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Berhitung Matematika sangat penting dan dibutuhkan oleh semua siswa termasuk siswa tunarungu dalam belajar matematika. Penggunaan alat peraga dengan bantuan video teknologi asistif dalam pembelajaran menjadi penting karena siswa tunarungu mengandalkan penglihatan dan bahasa Isyarat. Video teknologi asistif adalah video berbahasa Isyarat yang berisi tayangan peragaan alat peraga dan animasi powerpoint. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi efektivitas penggunaan alat peraga pecahan berbasis video teknologi asistif untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika bagi siswa tunarungu dan (2) mendeskripsikan kemampuan berhitung matematika siswa tunarungu pada materi pecahan menggunakan alat peraga pecahan berbasis video teknologi asistif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek primer tunggal (1 siswa tunarungu) kelas 7 di SLBN Wiradesa tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, tes berhitung matematika, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data meliputi triangulasi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan alat peraga pecahan berbasis video teknologi asistif efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika bagi siswa tunarungu, ditandai dengan fase intervensi lebih baik dari fase baseline-1 dan fase baseline-2 lebih baik dari fase intervensi; (2) Kemampuan berhitung matematika siswa tunarungu telah memenuhi keempat aspek indikator dengan kategori baik, ditandai dengan terpenuhinya sub indikator berupa: (a) subjek memahami masalah dengan kategori baik; (b) subjek memahami materi pecahan dengan kategori baik; (c) subjek menemukan strategi pemecahan dengan kategori baik; dan (d) subjek menunjukkan kelengkapan jawaban dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Pecahan, Teknologi Asistif, Kemampuan Berhitung, Tunarungu
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:34
Last Modified: 07 Nov 2022 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52758

Actions (login required)

View Item View Item