PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALIS DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII


Krisna Yulianti, 4101417028 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERMUATAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALIS DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417028 - Krisna Yulianti v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 adalah bahan ajar berbasis pendidikan karakter. Namun, bahan ajar yang digunakan di sekolah belum mengintegrasikan nilai pendidikan karakter khususnya nasionalis dan belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk mengakomodasikan kemampuan komunikasi matematis sebagai kemampuan yang penting dimiliki pada abad ke-21. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat digunakan bahan ajar berbasis karakter nasionalis dengan pendekatan PMRI untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan dan menguji validitas hasil pengembangan bahan ajar matematika bermuatan nilai pendidikan karakter nasionalis dengan pendekatan PMRI pada materi kubus dan balok, (2) menguji kepraktisan hasil pengembangan bahan ajar matematika bermuatan nilai pendidikan karakter nasionalis dengan pendekatan PMRI pada materi kubus dan balok, dan (3) menguji keefektifan hasil pengembangan bahan ajar matematika bermuatan nilai pendidikan karakter nasionalis dengan pendekatan PMRI pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bahan ajar memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata persentase uji kevalidan 90,17%, sangat praktis dengan rata-rata persentase uji kepraktisan 94,90%, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang meliputi: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan bahan ajar matematika bermuatan nilai pendidikan karakter nasionalis dengan PMRI pada materi kubus dan balok mencapai ketuntasan belajar; (2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan bahan ajar matematika bermuatan nilai pendidikan karakter nasionalis dengan PMRI lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran model Discovery Leraning; (3) rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan bahan ajar matematika bermuatan nilai pendidikan karakter nasionalis dengan PMRI lebih baik daripada rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran model Discovery Leraning dan (4) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sesudah penggunaan bahan ajar matematika bermuatan nilai pendidikan karakter nasionalis dengan PMRI dengan kategori tinggi dengan nilai N-Gain 0,81.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter Nasonalis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan PMRI, Pengembangan Bahan Ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:29
Last Modified: 07 Nov 2022 07:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52757

Actions (login required)

View Item View Item