IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MULTI FUNCTION VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNARUNGU


Antonius Sandi Kurniawan, 4101417014 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MULTI FUNCTION VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNARUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417014 - Antonius Sandi Kurniawan v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan imajinasi matematis dibutuhkan siswa tunarungu. Upaya untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis adalah melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video. Alat peraga multifunction video merupakan alat peraga video pembelajaran yang dilengkapi narasi dan bahasa isyarat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu; (2) mendeskripsikan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan single subject research design. Subjek primer dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas XI SLB Negeri Grobogan. Metode pengumpulan data meliputi pengamatan, tes, dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, interpretasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video efektif untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu; 2) Kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu melalui pembelajaran Joyfull Learning berbantuan alat peraga multifunction video memenuhi ketiga aspek dengan kategori baik. Ditandai terpenuhinya aspek imajinasi matematis: a) Scientific Sensitivity; b) Scientific Creativity; c) Scientific Productivity.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Imajinasi Matematis, Joyfull Learning, Alat Peraga Multi Function Video, Tunarungu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:56
Last Modified: 07 Nov 2022 06:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52748

Actions (login required)

View Item View Item