IMPLEMENTASI PROBING PROMPTING DENGAN BANTUAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Eka Putri Kurniawati, 4001417033 (2021) IMPLEMENTASI PROBING PROMPTING DENGAN BANTUAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417033 - Eka Putri Kurniawati v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan karena merupakan keterampilan yang dibutuhkan di abad 21. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah Probing Prompting dengan bantuan Microsoft Sway. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh implementasi Probing Prompting dengan bantuan Microsoft Sway terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dan mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi Probing Prompting dengan bantuan Microsoft Sway. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Secang Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas VII A dipilih sebagai kelas eksperimen dengan implementasi Probing Prompting berbantuan Microsoft Sway dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran Direct Instruction. Uji signifikansi kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan Uji–t menunjukkan adanya perbedaan antara kedua sampel. Nilai thitung sebesar 3,65 dengan taraf signifikan 5% dan df=48. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan signifikan hasil kemampuan berpikir kritis kedua kelas sampel setelah pemberian perlakuan Probing Prompting dengan bantuan Microsoft Sway dikarenakan hasil thitung = 3,65 > 1,95 sebagai ttabel. Peningkatan kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan N-Gain. Nilai N-Gain yang diperoleh pada kelas eksperimen sebesar 0,93 dengan tinggi dan pada kelas kontrol sebesar 0,36 dengan kategori sedang. Tanggapan peserta didik terhadap implementasi Probing Prompting berbantuan Microsoft Sway memiliki nilai sebesar 85,5% yang berada dalam kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, Microsoft Sway, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:44
Last Modified: 07 Nov 2022 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52704

Actions (login required)

View Item View Item