EFEKTIVITAS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI


Liyana Putri Yani, 4001417013 (2021) EFEKTIVITAS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417013 - Liyana Putri Yani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan aspek penting pada abad 21. Pembelajaran yang dilakukan disekolah masih bersifat teacher centered sehingga siswa tidak bisa mengembangkan kemampuan berpikirnya. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model creative problem solving berbantuan PhET terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII B dan VIII C. Data kemampuan berpikir kreatif diambil menggunakan metode tes berupa soal pilihan ganda, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan metode tes berupa soal uraian. Uji analisis akhir dilakukan dengan uji MANCOVA. Uji MANCOVA menunjukkan bahwa sig <0,001, sehingga dapat dikatakan model creative problem solving berbantuan PhET memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. N-gain kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 0,56 dan 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model creative problem solving berbantuan PhET efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Getaran, gelombang, dan bunyi, Hasil belajar, Kemampuan berpikir kreatif, PhET.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Nov 2022 07:53
Last Modified: 03 Nov 2022 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52652

Actions (login required)

View Item View Item