PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN IKLIM ORGANISASIONAL PADA TURNOVER INTENTION MELALUI KOMITMEN AFEKTIF (Studi pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Universitas di Universitas Terakreditasi A Semarang)


Siska Elisah, 7311417003 (2021) PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN IKLIM ORGANISASIONAL PADA TURNOVER INTENTION MELALUI KOMITMEN AFEKTIF (Studi pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Universitas di Universitas Terakreditasi A Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN IKLIM ORGANISASIONAL PADA TURNOVER INTENTION MELALUI KOMITMEN AFEKTIF (Studi pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Universitas di Universitas Terakreditasi A Semarang)] PDF (PENGARUH SERVANT LEADERSHIP DAN IKLIM ORGANISASIONAL PADA TURNOVER INTENTION MELALUI KOMITMEN AFEKTIF (Studi pada Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Tingkat Universitas di Universitas Terakreditasi A Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan yang melayani (servant leadership) dan iklim organisasional pada turnover intention melalui komitmen afektif sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tingkat universitas di Semarang yang berjumlah 700 responden. Jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin dan diperoleh hasil berjumlah 255 responden, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang melayani (servant leadership) memiliki pengaruh yang signifikan pada turnover intention dan memiliki pengaruh yang signifikan pada komitmen afektif. Iklim organisasional memiliki pengaruh yang tidak signifikan pada turnover intention dan memiliki pengaruh yang signifikan pada komitmen afektif. Pada pengujian tidak langsung komitmen afektif terbukti dapat memediasi hubungan antara kepemimpinan yang melayani (servant leadership) dan turnover intention, selain itu komitmen afektif juga terbukti memediasi hubungan antara iklim organisasional pada turnover intention.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Turnover Intention, Servant Leadership, Iklim Organisasional, Komitmen Afektif, Badan Eksekutif Mahasiswa tingkat Universitas di Semarang
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 31 Oct 2022 07:43
Last Modified: 31 Oct 2022 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52394

Actions (login required)

View Item View Item