KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS NARASI KELAS IV SD GUGUS GAJAH MADA KANDEMAN


Madania Pangestika Madania Pangestika, 1401413535 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL QUANTUM LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS NARASI KELAS IV SD GUGUS GAJAH MADA KANDEMAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413535 - Madania Pangestika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Empat keterampilan bahasa yang harus diperhatikan dan saling berkaitan yaitu keterampilan menyimak (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca (reading skills), keterampilan menulis (writing skills). Keempat keterampilan tersebut sangat diperlukan dalam pembelajaran ba�hasa Indonesia, salah satunya yaitu keterampilan menulis, penelitian ini lebih memfokuskan pada materi keterampilan menulis narasi. Guru menggunakan model example nonexample dengan mengutamakan mengamati gambar, hasilnya kurang maksimal. Kemudian guru menggunakan model pembelajaran yang berva�riasi yaitu quantum learning. Pada saat pra-penelitian di SD, Gugus Gajah Mada, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang kesulitan menulis narasi merupakan permasalahan yang terdapat pada sekolah dasar, karena pembelajaran yang diterapkan belum optimal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran quantum learning daripada model examplenon example terhadap hasil belajar bahasa Indonesia keterampilan menulis narasi kelas IV SD Gugus Gajah Mada. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Kelas IV SDN Botolambat 02 sebagai kelas eksperimen, di kelas itu guru menerapkan model quantum learning, sedangkan pada kelas IV SDN Botolambat 01 sebagai kelas kontrol, guru menerapkan model example nonexample. Pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan perlakuan dan tes akhir (postest) setelah kegiatan pembelajaran. Pengambilan data menggunakan tekhnik tes dan nontes. Pada teknik tes yaitu tertulis dengan satu soal berbentuk uraian, dan nontes meliputi dokumentasi, observasi, wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, uji hipotesis, dan uji n�gain. Hasil uji hipotesis kelas eksperimen dan kelas kontrol, diperoleh harga t hi�tung 2,805, karena harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel. Harga t tabel diperoleh dengan melihat dalam tabel dengan taraf kesalahan 5% dan dk = n-1 di�peroleh harga t tabel 1,684., artinya Ha diterimadan Ho ditolak. Penggunaan mo�del quantum learning lebih efektif daripada model example nonexample pada pembelajaran menulis narasi kelas IV SD, Gugus Gajah Mada,Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru memlilih model pembela�jaran quantum learning untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia agar tujuan pembelajaran dapat tercapai khususnya dalam materi kete�

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Ahmed, R.AI., Rajab, H. 2015. Enhancing Elementary Level EFL Students’ Reading Comprehension and Writing Skills through Extensive Reading Enrichment Program. 3(2). Arikunto, S. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Basuki, Slamet. 2015. Assesment Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakar�ya. Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Bandar Lampung: Raja Grofindo Per�sada. Djiwandono, S. 2011. Tes Bahasa Pegangan bagi PengajarBahasa: Jakarta PT Indeks. Doyin, M., Wagiran. 2011. Bahasa Indonesia. Semarang: UNNES PRESS. Faisal. M. 2009. Kajian Bahasa Indonesia SD”. Semarang: Departemen Pendidi�kan Nasional. Hamalik, O. 2013. Kurukulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara. Hamdani, 2010. Strategi Belajar Mengajar Mengajar Bandung. CV. Pustaka Se�tia. Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pus�taka Pelajar. Jalilehvand, M. 2013. “The Effects of Text Length and Picture on Reading Com�prehension of Iranian EFL Students” . 8(1) J. Philomina M.2015. “Diagnosis Of Reading And Writing Skills In Primary Scho�ol Students” 3(7). Kannan.A, Mohan. Dr.V, Anbazhagan 2010 “An Effective Method of Image Retri�eval using Image Mining Techniques”. 2(4). Kusumaningsih, D., Saptomo, S.W., Suparmin, dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia.Yogyakarta: CV. Andi Offset. Lee. J-S, Lin. P-Y,. Chang. C.C. 2010 “Analysis of an Image Secret Sharing Scheme to IdentifyCheaters”www.cscjournals.org/library/manuscriptinfo. php?mc=IJIP-205. Majid, A. 2014. “Penilaian Autentintik Proses dan Hasil Belajar”. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mufidah, dkk. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Untuk Me�ningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks”. 1(1). Mulyati, Y. 2009. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Ngatmini, Septiana, I., Wulansari, E., 2010. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Semarang: IKIP PGRI PRESS. Nur Aini,dkk. 2008, Bahasa Indonesia, Jakarta: PusatPerbukuan, DepartemenPendidikanNasional. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Ujian Se�kolah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 1 Tentang Guru dan Do�sen. Peraturan Pemerintah RI Nomor 28 Tahun 1990 bab 1 Pasal 1 Tentang Sekolah Dasar. Poerwanti, Endang. 2008. Bahan Ajar Cetak Assesmen Pembelajaran SD 3 SKS. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan tinggi Departemen Pendidikan Na�sional. Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset. Rifa’i, Achmad, dkk. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : UPT MKU UN�NES. Rusman. Dr. 2014. “Model-Model Pembelajaran”. Jakarta: PT Raja grafindo Per�sada. Sardiman. M.A. 2010. “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: PT Raja grafindo Persada. Shoimin.A. 2014.68 Model PembelajaranInovatif. Yogyakarta: AR-Rus Media. Slameto, 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi: Jakarta: Rineka Cipta. Siregar, S. 2013. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja grafindo Persada. Siregar, S. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ghalia Indonesia. Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rema�ja Rosdakarya. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukardi, 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar. Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. SuwastiniL.S, Arini N.W , Raga Gd. 2014 “Pengaruh Model Pembelajaran Pict�ure And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Wacana Narasi Siswa Ke�las IV Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014 Di Gugus VII Kecamatan Su�kasada”. 2(1). Tarigan, D. 2008. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangan�nya. Bandung: Angkasa. Undang – undang Nomor 14 Tahun 2005 dalam pasal 1 tentang satuan pendidi�kan. Wahyuni, Sri dan Ibrahim, Abd. Syukur. 2012. Assesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama. Yudhanegara, dkk. 2017 “Penelitian Pendidikan Matematika”. Bandug: Refika Aditama. Zulela, M.S. 2013 “Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Bandung: Remaja Rosda�karya. Zulkarnaen, V., Bindarti, W.E. Rofiq, A. 2013 “The Effect Of Using Composite Pictures On Reading Comprehension Achievement Of The Seventh Grade Students At SMPN 2 Tenggarang Bondowoso”. 3(1).
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:08
Last Modified: 22 Mar 2024 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52312

Actions (login required)

View Item View Item