PENGARUH MINAT BACA, SUMBER BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI
Lyna Latifah, - (2016) PENGARUH MINAT BACA, SUMBER BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI. Economic Education Analysis Journal, 5 (2). pp. 505-518. ISSN 2252-6544
PDF
Download (224kB) |
Abstract
Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Hasil observasi awal pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2014/2015 menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memperoleh prestasi belajar yang rendah. Sebanyak 145 atau 64,1% dari 226 siswa memperoleh hasil nilai dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat baca, sumber belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2014/2015 baik secara simultan maupun parsial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kendal yang berjumlah 226 dan Sampel sebesar 144 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh secara simultan minat baca, sumber belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar sebesar 43,5%. Secara parsial menunjukkan ada pengaruh minat baca terhadap prestasi belajar sebesar 12,11%, ada pengaruh sumber belajar terhadap prestasi belajar sebesar 4,7% dan ada pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar sebesar 5,7%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading Interest, Learning Resources, Peer Environment, Learning Achievement ____________________ |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 04:28 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 04:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52016 |
Actions (login required)
View Item |