Investigating the 5P Model (Presage, Perception, Process, Pedagogy, Product) in Accounting Learning Process at Higher Education
Lyna Latifah, - (2022) Investigating the 5P Model (Presage, Perception, Process, Pedagogy, Product) in Accounting Learning Process at Higher Education. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 55 (2). pp. 275-284. ISSN 2301-7821
PDF
Download (329kB) |
Abstract
Pembelajaran akuntansi perlu menjawab kebutuhan pekerjaan saat ini yang mengutamakan keterampilan digital. Namun masih banyak mahasiswa akuntansi yang belum memahami sepenuhnya tentang pelajaran dasar akuntansi. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara jenis kelamin, persepsi siswa terhadap pembelajaran akuntansi, pendekatan pembelajaran, penggunaan e-learning, dan hasil belajar akuntansi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian adalah 266 mahasiswa akuntansi pada tahun pertama. Kuesioner disebarkan secara online menggunakan platform Google Forms. Uji-t independen digunakan untuk memungkinkan peneliti menguji hipotesis membandingkan persepsi siswa laki- laki dan perempuan. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa perbedaan gender tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi siswa tetapi menunjukkan adanya hubungan antara persepsi siswa, pendekatan pembelajaran, penggunaan e-learning, dan hasil belajar akuntansi. Penggunaan pendekatan mendalam pada pembelajaran akan meningkatkan peran e-learning terutama pada kompleksitas materi yang diberikan. Sebaliknya, kemudahan penggunaan e-learning dapat mempengaruhi pemahaman akuntansi. Temuan penelitian ini memberikan pandangan bahwa perguruan tinggi di Indonesia perlu terus mengembangkan aplikasi e-learning yang disediakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pedagogi. Penelitian ini berimplikasi pada pendidik akuntansi untuk merancang dan mengimplementasikan program pendidikan yang menarik mahasiswa untuk mempelajari mata kuliah akuntansi dan mengembangkan keterampilan akuntansinya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jenis kelamin, persepsi siswa, pendekatan pembelajaran, e-learning, hasil belajar akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dina nurcahyani perpus |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 03:27 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 03:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52012 |
Actions (login required)
View Item |