KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SEMARANG


RIZKI NOVENDRI, 6101417071 (2021) KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417071 - Rizki Novendri.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan intellektual (IQ) dibutuhkan dalam meraih prestasi belajar namun dalam beberapa kajian penelitian IQ) bukan menjadi faktor utama dalam meraih prestasi belajar, ada faktor lain yaitu kecerdasan emosional (EQ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani pada siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Semarang. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Data kecerdasan emosional (X) menggunakan kuosioner online dan data prestasi belajar belajar (Y) diperoleh melalui hasil belajar kelas XI semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 208 siswa dengan teknik random sampling, analisis data menggunakan korelasi dengan product moment menggunakan software spss versi 21. Kecerdasan emosional (EQ) mempunyai kontribusi aspek keterampilan sosial yaitu 77,36 % dan motivasi 67,91%. Tingkat kecerdasan emosi memperoleh skor tertinggi 173 siswa (83%) dari jumlah 208 siswa. Berdasarkan hasil uji diperoleh koefesien korelasi sebesar - 0,65 (rhitung = 0.65), > 0,05 nilai probabilitas diketahui bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pendidikan jasmani. Berdasarkan output hasil uji korelasi diketahui nilai sig. antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pendidikan jasmani sebesar -0,65 > 0,05 yang berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:21
Last Modified: 01 Sep 2022 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51795

Actions (login required)

View Item View Item