Pengembangan Instrumen Penilaian (Attitude Toward Chemistry) Dengan Teknik Peer Dan Self Assessment Siswa SMA N 2 Salatiga


Astri Atina A’izzah, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia and Sri Susilogati Sumarti, - (2017) Pengembangan Instrumen Penilaian (Attitude Toward Chemistry) Dengan Teknik Peer Dan Self Assessment Siswa SMA N 2 Salatiga. Chemistry in Education, 6 (2). ISSN 2252-6609

[thumbnail of Pengembangan Instrumen Penilaian (Attitude Toward Chemistry).pdf] PDF - Published Version
Download (831kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen penilaian afektif (attitude toward chemistry) dengan teknik peer dan self assessment yang layak digunakan dan efektif untuk mengukur sikap siswa terhadap pembelajaran kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development/ R&D). yang mengadopsi pada model pengembangan 4-D (Four­D) yang dikembangkan Thiagarajan (1994) dengan tahapan penelitian yang meliputi define, design, develop, dan dissemination. Uji validitas instrumen menggunakan validasi isi yang dilakukan oleh ahli instrumen. Analisis reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha cronbach. Hasil validasi dari validator menyatakan instrumen layak digunakan untuk mengukur sikap siswa terhadap pembelajaran kimia. Nilai reliabilitas instrumen penilaian afektif (attitude toward chemistry) pada kelas implementasi untuk kegiatan pembelajaran, kegiatan praktikum dan kehidupan sosial secara berturut-turut adalah 0,708; 0,73; 0,78. Hasil analisis keefektifan instrumen penilaian, secara klasikal lebih dari 75% siswa masuk dalam kategori sikap baik. Persentase ketuntasan tiap aspek juga lebih dari 75%. Berdasarkan hasil validasi, analisis reliabilitas dan keefektivan dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian afektif yang dikembangkan layak, baik dan efektif digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Attitude toward chemistry Instrumen penilaian Afektif Self dan Peer Assessment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:27
Last Modified: 26 Aug 2022 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51592

Actions (login required)

View Item View Item