Pengembangan Instrumen Penilaian Proses Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Mengukur Soft Skills


Ria Yanna Kharista, - and Endang Susilaningsih, FMIPA P Kimia and Sri Susilogati Sumarti, - (2016) Pengembangan Instrumen Penilaian Proses Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Mengukur Soft Skills. Journal of Innovative Science Education, 5 (2). ISSN 2252-6412

[thumbnail of Pengembangan Instrumen Penilaian Proses Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Mengukur Soft Skills.pdf] PDF - Published Version
Download (729kB)

Abstract

Hasil field study menunjukkan bahwa soft skills siswa rendah, maka diperlukan instrumen penilaian yang dapat menumbuhkan soft skills siswa yang terintegrasi dalam pembelajaran kimia berpendekatan kontekstual sebagai bekal di dunia industri setelah lulus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R & D yang menggunakan metode pre eksperimental dengan one group pretest-posttest design yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian proses berbasis authentic assessment dengan pendekatan kontekstual yang valid, reliabel, efektif, dapat mengukur soft skills, dan dapat meningkatkan hasil belajar serta mendapatkan respon positif dari siswa dan guru. Data dikumpulkan dengan metode tes dan non tes. Hasil validasi instrumen penilaian proses mencapai hasil yang valid dan reliabel. Instrumen penilaian proses yang dikembangkan dikatakan efektif untuk mengukur soft skills karena 20 dari 32 siswa yang mendapatkan skor sangat baik, rerata hasil belajar sikap 84,17, rerata hasil belajar keterampilan 96; 83,76; 78,57 dan rerata hasil belajar pengetahuan sebesar 81,94 atau 87,50% (28 dari 32 siswa) mencapai KKM, serta adanya peningkatan yang signifikan dari pretest ke posttest dengan rerata N-gain sebesar 0,78 (kriteria tinggi). Siswa memberikan respon positif terhadap instrumen penilaian proses, usabilitas dan kebermaknaan instrumen penilaian proses

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: assessment process; contextual approach; soft skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:32
Last Modified: 25 Aug 2022 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51559

Actions (login required)

View Item View Item