Pengembangan Lembar Permasalahan Berorientasi pada Pembelajaran PBL (ProblemBased Learning) dengan Pendekatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMP


Rasyida Mutiara Sakti, 4101413146 (2020) Pengembangan Lembar Permasalahan Berorientasi pada Pembelajaran PBL (ProblemBased Learning) dengan Pendekatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Siswa SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413146 - RASYIDA MUTIARA SAKTI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji kelayakan Lembar Permasalahan Berorientasi pada Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa kelas VII pada materi Segiempat, menguji keterbacaan Lembar Permasalahan Berorientasi pada Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa kelas VII pada materi dan menguji skala kecil Lembar Permasalahan Berorientasi pada Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa kelas VII pada materi Segiempat. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan kelas VIII SMP Negeri 1 Secang tahun pelajaran 2020/2021 dan sampel diambil dengan teknik sampling acak kelas. Analisis data menggunakan Analisi Kelayakan Lembar Permasalahan, Analisi Keterbacaan Lembar Permasalahan, Analisi Uji Skala Kecil Lembar Permasalahan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Permasalahan Berorientasi pada Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan Pendekatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswa kelas VII pada materi Segiempat layak diterapkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Matematis, Pembelajaran Problem Based Learning, Etnomatematika
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:01
Last Modified: 05 Aug 2022 03:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51061

Actions (login required)

View Item View Item