ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA JAWA SISWA SMA DI KABUPATEN MAGELANG DI MASA PANDEMI


Felin Rianawati, 2601417048 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA JAWA SISWA SMA DI KABUPATEN MAGELANG DI MASA PANDEMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601417048 - Felin Riana.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 merupakan sistem pembelajaran baru yang dilakukan di Indonesia termasuk juga di Kab. Magelang. Pembelajaran yang awalnya dilakukan di sekolah kini berlangsung secara daring dari rumah siswa masing-masing. Pembelajaran bahasa Jawa merupakan pembelajaran muatan lokal yang harus kita pertahankan kelestariannya karena bahasa Jawa merupakan bahasa ibu di pulau Jawa yang harus kita junjung tinggi agar tidak punah. Pembelajaran bahasa Jawa yang dilakukan secara daring memiliki kesulitan tersendiri bagi siswa sehingga mempengaruhi hasil pembelajaran yang maksimal. Kesulitan belajar tersebut dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang mempengaruhi baik faktor internal maupun eksternal. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu seperti apakah, faktor apa saja dan bagaimana alternatif solusi kesulitan belajar bahasa Jawa siswa SMA di Kabupaten Magelang di Masa Pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran, faktor-faktor yang mempengaruhi dan memberikan alternatif solusi dari kesulitan belajar bahasa Jawa siswa SMA di Kabupaten Magelang di Masa Pandemi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis deskripsi analisis. Wujud data dari penelitian ini adalah berupa gambaran, faktor-faktor kesulitan belajar dan alternatif solusi kesulitan belajar bahasa Jawa siswa SMA di Kabupaten Magelang di Masa Pandemi. Sumber data penelitian yaitu siswa siswi dan guru bahasa Jawa dari SMAN 1 Dukun, SMAN 1 Ngluwar, SMA Muhammadiyah 1 Borobudur dan SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Setelah data terkumpul, data dianalisis dengan menggunakan deskriptif persentase yang diuraikan dengan kata-kata. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA di Kabupaten Magelang masih mengalami kesulitan belajar bahasa Jawa di masa pandemi yang dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Jawa pada siswa di Kabupaten Magelang di masa pandemi adalah: 1) Minat, yaitu minat siswa yang masing kurang dan siswa yang tidak berantusias terhadap pembelajaran bahasa Jawa secara daring. 2) Kesiapan, yaitu kurangnya kesiapan diri maupun materi. 3) Kebiasaan belajar, yaitu kebiasaan siswa yang buruk karena tidak pernah belajar dan sering mengandalkan google/orang lain dalam mengerjakan tugas. 4) Konsentrasi belajar, konsentrasi belajar siswa mudah terganggu karena beberapa hal yaitu siswa merasa bosan dan ngantuk dalam pembelajaran daring, mudah terganggu dengan media sosial lain, serta makan dan minum saat pelajaran berlangsung. Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar bahasa Jawa di masa pandemi adalah guru, instrumen atau alat dan orangtua. 1) Guru, yaitu metode mengajar yang kurang menarik dan monoton serta relasi antara siswa dan guru bahasa Jawa yang kurang. 2) Instrumen atau sarana prasarana berupa kuota internet dan jaringan sinyal (bagi siswa yang berasal dari wilayah pedesaan). 3) Orangtua, yaitu orangtua kurang berperan aktif dalam belajar siswa. Untuk meminimalisir kesulitan belajar tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan alternatif solusi yang bisa ditujukan ke siswa, guru dan orangtua. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) siswa perlu meningkatkan persiapan diri baik secara fisik maupun materi sebelum pembelajaran bahasa Jawa berlangsung secara daring. 2) Guru memberikan ringkasan kosa-kata bahasa Jawa pada kata-kata yang sekiranya sulit dipahami siswa dalam menerima materi melalui media yang mudah diakses. 3) Perlunya metode dan media yang menarik serta bervariasi dalam pembelajaran agar siswa tidak bosan dalam belajar bahasa Jawa secara daring. 4) Peran orangtua harus lebih aktif, salah satunya dengan menerapkan dialog bahasa Jawa yang sesuai unggah-ungguh dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, bahasa Jawa, masa pandemi
Subjects: L Education > L Education (General) > difficulty learning
L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:59
Last Modified: 05 Aug 2022 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/51060

Actions (login required)

View Item View Item