PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK


Erika Dwi Anggraeni, 4101417007 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREPROSPEC BERBANTUAN TIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417007 - Erika Dwi Anggraeni.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (91MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di Indonesia masih tergolong rendah. Hal tersebut didasarkan pada hasil studi Programme for International Student Assesment (PISA) 2018, untuk kategori kemampuan matematis, Indonesia berada diperingkat 66 dari 73 negara. Selain itu, hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Mayong menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis masih rendah. Salah satu cara yang diduga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah mengembangkan perangkat pembelajaran melalui model pembelajaran Prepospec berbantuan TIK, yang tahapannya menekankan penyelesaian suatu permasalahan yang terfokus pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan media pembelajaran GeoGebra) pada materi bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran Preprospec berbantuan TIK yang memenuhi tingkat kelayakan, keterbacaan bahan ajar, dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan model 4D. Namun, tahapan dalam penelitian ini hanya meliputi 3 langkah, yaitu define, design, dan develop. Untuk mengetahui tingkat kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan lembar validasi kelayakan yang divalidasi oleh 3 validator, dengan kriteria layak digunakan apabila rata-rata persentase kelayakan lebih dari 70%. Untuk mengetahui keterbacaan bahan ajar menggunakan lembar angket keterbacaan yang diisi oleh 5 peserta didik, dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan tes dengan desain One-Group Pretest-Postest di kelas VIII A yang sebelumnya dilakukan tes ujicoba untuk menganalisis soal tes berupa validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda soal di kelas VIII B dan VIII C di SMP Negeri 1 Mayong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, bahan ajar, LKPD, dan media pembelajaran GeoGebra pada materi bangun ruang sisi datar sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran, dengan rata-rata persentase kelayakan berturut-turut 95,37%; 94,70%; 91,77%; 92,71%; dan 94,79%. Hasil uji keterbacaan bahan ajar dengan Cochran Test diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:52
Last Modified: 04 Aug 2022 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50994

Actions (login required)

View Item View Item