PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) OPTIKA GEOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA KOTA SEMARANG


Diah Ika Lestari, 4201417017 (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) OPTIKA GEOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201417017 - Diah Ika Lestari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hasil Ujian Nasional siswa SMA dari data Kemendikbud pada tahun ajaran 2016/2017 ke tahun 2017/2018 mengalami penurunan. Salah satu faktor penyebabnya yaitu rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi dari peserta didik karena peserta didik kurang terlatih menyelesaikan soal yang dalam pengerjaannya menuntut keterampilan menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Keterampilan tersebut merupakan indikator soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) optika geometri untuk siswa SMA/MA Kota Semarang sebagai media berlatih siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan. Produk penelitian berupa 25 soal HOTS optika geometri yang dinyatakan valid. Proporsi daya beda soal yaitu 60% soal sangat baik, 40% baik, sedangkan proporsi tingkat kesukaran soal yaitu12% soal sukar, 76% soal sedang dan 12% soal mudah. Reliabilitas paket soal bernilai 0,97, dinyatakan sangat tinggi. Proporsi soal ranah kognitif menganalisis (C4) sebanyak 64%, mengevaluasi (C5) sebanyak 32%, dan mencipta (C6) sebanyak 4%. Persentase soal HOTS pada indikator berpikir kritis 84% dan pada indikator pemecahan masalah 88%. Hasil penelitian ini yaitu soal yang dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media berlatih siswa mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Asesmen, HOTS, Optik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:08
Last Modified: 04 Aug 2022 02:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50955

Actions (login required)

View Item View Item