Peran Orangtua dalam Pembinaan Pemahaman Motif Pernikahan bagi Anak dalam Lingkup Pendidikan Informal


Liliek Desmawati, - (2018) Peran Orangtua dalam Pembinaan Pemahaman Motif Pernikahan bagi Anak dalam Lingkup Pendidikan Informal. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2 (2). pp. 162-169. ISSN ISSN (p) : 2549-1539 ISSN (e) : 2579-4256

[thumbnail of Article] PDF (Article) - Published Version
Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman ibu sebagai orangtua dalam memberikan pemahaman motif pernikahan kepada anak remajanya, peran yang diterapkan, dan faktor penghambat. Penelitian ini bersifat survei yang dilakukan terhadap orangtua mahasiswa yang pada tahun 2018 mendapatkan mata kuliah Kependudukan dan Keluarga Berencana yang ada sebanyak 139 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dengan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebesar 37,5 % orangtua memberikan pembinaan sangat sering, 50% agak sering, dan 12,5% jarang. Para Ibu juga memiliki pengetahun motif pernikahan terutama dalam segi batas usia minimal bagi perempuan 20 tahun dan laki-laki 25 tahun. Demikian jarak ideal kehamilan yaitu 5 tahun. Kemampuan ibu dalam memberikan pemahaman pernikahan dengan berbagai peran, yaitu sebagai pendidik, panutan, pendamping, konselor, komunikator, dan teman bagi anak. Sebesar 58% ibu tidak kesulitan dalam memberikan pemahaman dan 42% mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut dari faktor ibu yang kurang bisa mendekati anak, serta anak yang belum siap untuk hal pernikahan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: the role of parents; wedding; teenagers; family
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:28
Last Modified: 03 Aug 2022 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50921

Actions (login required)

View Item View Item