ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII


Sari Saras Susanti, 4101417008 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417008 - Sari Saras Susanti.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah ialah salah satu aspek yang diperlukan dalam matematika untuk menerapkan konsep matematika sehingga siswa akan lebih mudah untuk menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan nyata jika siswa mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang tinggi. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah model PBL bernuansa etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dengan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan klasikal, efektivitas kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika lebih baik daripada pembelajaran ekspositori, sikap cinta budaya lokal siswa lebih baik setelah mendapatkan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika dari pada sebelum mendapatkan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika, dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model Problem Based Learning bernuansa etnomatematika ditinjau dari self-efficacy. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed-method dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 16 Krui tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII E dan VII C yang diambil dengan metode simple sampling. Data diambil dengan tes, angket, dan wawancara. Hasil tes dan angket diolah untuk hipotesis 1 dengan uji proporsi satu sampel dan uji rata-rata satu sampel, hipotesis 2 dengan uji proporsi dua sampel dan uji rata-rata dua sampel, dan hipotesis 3 dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah dengan model PBL bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan klasikal dengan 75% siswa mencapai KKM; (2) kemampuan pemecahan masalah siswa dengan model PBL bernuansa etnomatematika lebih baik daripada siswa dengan model ekspositori; (3) terdapat perbedaan sikap cinta budaya lokal siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah mendapatkan model PBL bernuansa etnomatematika (4) dua subjek dengan self-efficacy tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dua subjek self-efficacy sedang cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang, dan dua subjek self�efficacy rendah cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah pula

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning bernuansa etnomatematika, Self-Efficacy
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 03 Aug 2022 03:03
Last Modified: 03 Aug 2022 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50897

Actions (login required)

View Item View Item