PENGEMBANGAN E-LKS BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENGANALISIS HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA


Egit Tiana Puspita Ningrum, 4301417068 (2021) PENGEMBANGAN E-LKS BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP (CEP) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENGANALISIS HASIL BELAJAR DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301417068 - Egit Tiana Puspita Ningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKS berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) yang valid, efektif untuk menganalisis hasil belajar dan minat wirausaha siswa, serta memperoleh respon positif dari siswa dan guru. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Kevalidan e-LKS diukur melalui validasi ahli. Keefektifan e-LKS diukur melalui analisis hasil belajar dan minat wirausaha siswa. Hasil belajar siswa mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Angket tanggapan diukur dari tanggapan siswa dan guru terhadap pembelajaran menggunakan e-LKS berorientasi CEP. Persentase skor yang diberikan oleh ahli materi sebesar 95,83% dan ahli media sebesar 98,86%. Hasil n-gain sebesar 0,85 pada kategori tinggi. Skor rata-rata hasil belajar afektif, psiomotorik, dan minat wirausaha secara berturut-turut 17,09; 22,90; dan 12,85. E-LKS berorietasi CEP yang digunakan dalam pembelajaran memperoleh respon positif dalam kategori baik dari siswa dan kategori sangat baik dari guru. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-LKS beorientasi CEP valid, efektif untuk menganalisis hasil belajar dan minat wirausaha, serta guru dan siswa memberikan respon positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKS, chemoentrepreneurship, hasil belajar, minat wirausaha
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:38
Last Modified: 27 Jul 2022 04:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50640

Actions (login required)

View Item View Item