EFISIENSI KINERJA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID BAYU BARU PANDANSIMO BANTUL


Khalifatun Nisa Amini, 5301417016 (2021) EFISIENSI KINERJA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID BAYU BARU PANDANSIMO BANTUL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFISIENSI KINERJA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID BAYU BARU PANDANSIMO BANTUL] PDF (EFISIENSI KINERJA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID BAYU BARU PANDANSIMO BANTUL) - Published Version
Download (2MB)

Abstract

Energi listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan di dunia saat ini. Pertambahan penduduk menyebabkan bertambahnya kebutuhan energi listrik di masyarakat. Sementara Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid (PLTH) Bayu Baru memiliki peluang untuk bisa berkembang dalam perannya ikut membantu memenuhi permintaan konsumen, masyarakat Bantul yang selama ini belum mendapat pelayanan dari PLN secara merata. PLTH Bayu Baru berupaya dalam efisiensi kinerjanya agar produk energi yang dihasilkan benar-benar efektif, sehingga tidak terjadi pemborosan dari sisi produksi energi maupun dari sisi pemanfaatan energi listrik. Berkenaan dengan hal tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk menganalisis efisiensi menggunakan software HOMER sistem di PLTH Pandansimo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan PLTH Bayu Baru memiliki 34 turbin angin serta 238 panel surya dengan kapasitas total produksi 90kW namun hanya dibangkitkan sebesar 75kW. Total energi yang diproduksi oleh PLTH sebesar 27.555kWh/yr, yang dapat didistribusikan sebesar 12.773kWh/yr dengan Losses 2.644kWh/yr. Efisiensi energi pada PLTH Bayu Baru sebesar 44,52% yang berarti efisien. Nilai NPC pada PLTH sebesar $250.229 sama dengan Rp.3.604.548.745 dengan COE sebesar $2/kWh atau Rp.28.810/kWh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Kinerja, PLTH
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:01
Last Modified: 27 Jul 2022 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50611

Actions (login required)

View Item View Item